Inilah kisah tentang kupu-kupu Raja. Satu spesies kupu-kupu yang hidup di Kanada bagian tenggara. Bukan tentang indahnya sayap dan warna tubuhnya. Tapi tentang siklus hidup dan migrasinya yang menakjubkan.

Kupu-kupu Raja pada umumnya Hidup Hanya 5 sampai 6 minggu setelah berkembang dari ulat. Dalam setahun terdapat empat generasi kupu-kupu Raja. Generasi pertama hingga ketiga hidup di musim semi dan musim panas. Sedangkan generasi keempat lahir menjelang musim gugur.

Suasana musim gugur yang mulai dingin memaksa kupu-kupu generasi keempat ini untuk bermigrasi ke selatan, mencari tempat yang lebih hangat. Migrasi dimulai pada malam ekuinoks musim gugur, di mana waktu siang dan malam sama panjang.

Butuh waktu lama bagi kupu-kupu untuk menempuh jarak yang sangat jauh. Lagi lagi, ada fakta yang menakjubkan. Kupu-kupu Raja yang bermigrasi ke selatan, hidup 6 bulan lebih lama dibandingkan ketiga generasi sebelumnya.

Setelah bermigrasi melintasi setengah benua Amerika, jutaan kupu-kupu itu mendiami bagian tengah Meksiko. Selama 4 bulan, dari Desember hingga Maret, kupu-kupu tidak memakan apapun. Mereka hanya minum air selama cadangan lemak tubuh mereka masih mencukupi sebagai sumber makanan.

Saat musim semi tiba dan bunga bermekaran, untuk pertama kalinya, kupu-kupu mengadakan pesta nektar. Menabung energi yang cukup untuk kembali ke Amerika Utara. Dan sebelum memulai perjalanan pulangnya di akhir Maret, mereka melaksanakan perkawinan. Hingga Setibanya di Kanada, mereka mati. Tentu, setelah mereka bertelur untuk menghasilkan generasi baru.

Generasi yang baru lahir adalah generasi pertama pada tahun tersebut dan hidup selama 1,5 bulan. Generasi ini akan diikuti oleh generasi kedua dan ketiga. Ketika datang generasi keempat, migrasi kembali berulang. Generasi ini akan hidup 6 bulan lebih lama daripada generasi sebelumnya, dan rantai ini akan terus berlanjut dengan cara yang sama.

Tentu saja, kupu-kupu Raja tak cukup cerdas mengetahui kapan dan kemana mereka harus bermigrasi, bahkan alasan untuk bermigrasi. Juga, tiga generasi pertama kupu-kupu pun tak tahu jika generasi keempat mereka akan bermigrasi dan hidup lebih lama.

Satu-satunya alasan adalah karena kupu-kupu Raja telah memiliki karakteristik yang luar biasa ini semenjak mereka diciptakan. Allah yang memberikan Ilham bagi mereka. Dan mereka hanya sekedar menjalankannya.

“Allah,tidak ada Ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia. Yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya.” (QS. Ali Imran : 2)