Banyak cara dilakukan untuk menyembuhkan suatu penyakit. Penyakit-penyakit datang bergantung musim, wabah, kebiasaan atau gaya hidup. Yang paling sering dicari ialah pengobatan untuk penyakit kanker. Penyakit kanker ini pembunuh nomor satu bagi manusia. Untuk menyembuhkannya ialah dengan cara operasi, namun tidak sedikit orang yang mau menjalankan operasi. Perlunya pengobatan alternatif kanker untuk menyembuhkannya. Pengobatan alternatif kanker banyak dicari karena jauh lebih murah dan alami tanpa operasi. Pengobatan alternatif kanker ini tergantung dari kanker yang diderita.

Pengobatan alternatif kanker untuk kanker serviks mudah didapatkan, mengingat kanker serviks ini penyakit yang hanya dijangkiti wanita. Sebelum mengobati kanker serviks, perlunya pengetahuan tentang penyebab kanker serviks terlebih dahulu. Ada berbagai penyebab kanker serviks yang perlu diperhatikan dan dapat dicegah serta melakukan pengobatan, antara lain:

  1. Adanya Human Papiloma Virus (HPV) penyebab kanker serviks. Tipe yang paling sering menyebabkan kematian adalah virus HPV tipe 16 dan 18. Virus ini mudah berpindah melalui cairan dan sentuhan kulit.
  2. Kebiasaan merekok, kurangnya asupan vitamin C dan vitamin E dan kurangnya asupan asam folat.
  3. Seringnya melakukan hubungan intim dengan berganti pasangan serta melakukan hubungan intim pada usia dini (<16 tahun).

Ada juga pengobatan kanker serviks yang menggunakan bahan-bahan herbal, di antaranya yaitu:

  1. Sarang Semut Papua, tanaman yang berasal dari tanah Papua ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat Papua untuk mengobati berbagai macam penyakit. Dengan kandungan senyawa flavonoid ini sebagai penghambat perkembangan sel kanker,
  2. Keladi tikus dengan senyawa RIPs (Robozome Inactive Protein) dan anti-kurkumin yang berguna untuk melawan semua sel kanker,
  3. Daun sirsak yang mengandung antioksidan, flavonoid dan senyawa lainnya beguna untuk membunuh sel kanker dan meningkatkan imunitas tubuh,
  4. Kunyit Putih mengandung antioksidan dan atiimflamasi yang berguna untuk imunitas tubuh dan mencegah sel kanker.

Pengobatan alternatif kanker tersebut juga dapat mencegah datangnya penyebab kanker serviks dan perlunya juga kebersihan diri dan sekitar. Dengan demikian angka terjangkit kanker serviks dapat dikurangi.