kurma-kemasanPohon kurma di Indonesia merupakan tanaman yang tergolong masih belum banyak diusahakan, sejauh ini terbilang menjadi salah satu komoditas yang banyak mendapatkan perhatian dari masyarakat. Dikarenakan kurma, menjadi salah satu buah yang kini sangat disukai oleh mayoritas masyarakat di Indonesia sehingga tidak menjadi hal yang tabu lagi mengingat buah kurma dari tahun ke tahun menjadi salah satu buah yang mengalami peningkatan permintaan.

Peluang yang ada selanjutnya, dimana komoditas kurma sejauh ini bisa diusahakan seperti halnya dilakukan di negara Thailand. Kesamaan iklim yang dengan negara Indonesia, membuat adanya peluang besar komoditas kurma juga bisa diusahakan di negara Indonesia secara masal.

Salah satu wilayah yang telah berhasil melakukan penanaman pohon kumr yakni kampoeng kurma, telah menjadikan kurma sebagai salah satu komoditas yang penting dan kedepannya akan bisa menguntungkan. Terkait dengan untuk bisa menimbulkan kesadaran akan masyarakat tentang pentingnya komoditas kurma, sebaiknya kita bisa memperhatikan cara menanam kurma dengan baik dan juga benar.

Hal yang perlu diperhatikan terkait dengan penanaman kurma dimana, kita bisa memperhatikan jarak tanam. Jarak tanam antara pohon satu dan lainnya yang ideal yakni 10mx10m, hal tersebut jika kita terapkan pada lahan perkebunan. Menanam pohon kurma juga bisa kita lakukan di pekarangan, dengan menggambil jarak antar pohon 7m x 7m.

Jarak tanam penting untuk diperhatikan, dikarenakan apabila pohon kurma telah besar jarak antar pohon tidak saling bersinggingan. Hal lainnya juga bertujuan, agar buah kurma tetap bisa mendapatkan sinar matahari. Mempergunakan jarak tanam yang tepat antar pohon kurma, kedepannya juga akan lebih memudahkan untuk bisa melakukan pemupukan dan juga pada saat melakukan proses pemanenan.

Berbagai kondisi yang ada terkait dengan tata cara tanam pohon kurma, penting untuk bisa kita perhatikan. Sehingga pohon kurma kita nantinya, akan bisa tumbuh dengan bagus dan juga akan bisa menghasilkan buah yang juga maksimal. satu pohon kurma yang bagus, bisa menghasilkan buah rata-rata antara 7 hingga 10 kg tidap satu kali pemanenan.